Selasa, 23 Juli 2013

Manfaat Aerobik Pada Masa Prakonsepsi

 
Olahraga memang memiliki banyak manfaat, termasuk juga untuk pasangan suami-istri yang sedang dalam masa prakonsepsi. Salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk mempercepat kehamilan adalah aerobik. Ini manfaatnya!

Secara umum, olahraga memiliki manfaat:

* Membantu tubuh Anda beradaptasi dengan kondisi kehamilan.
* Mengurangi risiko kenaikan berat badan, sehingga risiko terjadinya komplikasi seperti keguguran, diabetes gestasional (diabetes saat hamil) dan masalah saat persalinan bisa dikurangi.


Secara khususnya, olahraga aerobik pada masa prakonsepsi memiliki manfaat:

* Memelihara dan meningkatkan ketahanan jantung-paru, yakni dengan meningkatkan transportasi oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh, termasuk ke sel telur dan sperma.
* Membuat mood Anda dan pasangan lebih baik, membantu tidur lelap, membuat tubuh lebih relaks yang berguna melancarkan persalinan Anda kelak. Sebaiknya, dilakukan 3-5 kali seminggu dengan durasi 20-60 menit, bertahap sesuai kemampuan.
* Membantu mengurangi lemak berlebihan. Lemak di dalam tubuh yang berlebihan dapat meningkatkan jumlah hormon estrogen karena sekitar 30% hormon estrogen berasal dari sel-sel lemak. Hormon estrogen justru mempersulit ovulasi.


Untuk menghindari cedera, sebelum aerobik, lakukan peregangan (stretching) atau pemanasan (warming up) dan pendinginan (cooling down), masing-masing sekitar 5 menit.